Simak Berikut Ini Cara Menjadi Penerjemah Tersumpah

Mungkin bagi sebagian orang profesi sebagai penerjemah adalah profesi yang mampu menerjemahkan berbagai bahasa ke tujuan bahasa tertentu. Namun perlu diketahui bahwa profesi penerjemah dibagi menjadi dua bagian yaitu penerjemah tersumpah dan penerjemahan biasa. Kedua profesi ini memiliki makna yang berbeda, dimana penerjemah tersumpah adalah orang yang sudah diambil sumpahnya dan mendapatkan sertifikat resmi dari Himpunan Penerjemah Indonesia atau HPI dan ini tidak dimiliki oleh penerjemah biasa.

Penerjemah resmi ini akan mampu untuk menerjemahkan berbagai dokumen yang sifatnya legal seperti misalnya kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akte kelahiran, surat nikah, ijazah, transkrip nilai, surat kontrak, surat jual beli dan masih banyak lagi. Sementara untuk penerjemah biasa hanya mampu menerjemahkan dokumen-dokumen yang sifatnya non legal seperti artikel, novel, puisi, majalah dan masih banyak lagi.

Cara Menjadi Penerjemah Tersumpah

Jasa penerjemah tersumpah sendiri lumayan banyak diminati. Namun perlu diketahui, bahwa profesi ini tidak semudah dibayangkan karena anda harus melewati berbagai prosedur terlebih dahulu sebelum bisa resmi mendapatkan sertifikat dan izin. Berikut beberapa langkah untuk menjadi penerjemah tersumpah.

  • Yang pertama Anda harus mengikuti ujian kualifikasi penerjemah yang diselenggarakan oleh HPI. Organisasi ini sudah ada sejak 1974 yang sudah menjadi anggota dan diakui oleh Federasi Penerjemahan Internasional atau FIT. Untuk ujiannya bersifat berbayar dan harganya tentu saja setiap tahun akan berbeda. Agar bisa lulus, Anda setidaknya harus mendapatkan nilai paling rendah 80 atau masuk ke kategori grade Jika sudah lulus maka Anda bisa mendapatkan sertifikat TSN atau tes sertifikasi nasional.
  • Ketika sudah mendapatkan sertifikat, maka anda bisa mengajukan surat permohonan untuk pengangkatan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dalam surat permohonan tersebut isinya berupa identitas diri dan jenis bahasa yang diterjemahkan serta ada beberapa persyaratan dokumen yang harus Anda lengkapi. Dokumen tersebut mulai dari identitas seperti KTP, fotokopi sertifikat yang sudah didapatkan, surat kesehatan, surat pernyataan tidak dalam status terdakwa/tersangka/terpidana dan surat pernyataan bahwa anda tidak berstatus PNS/advokat/pejabat negara. Anda juga harus melampirkan setoran pembayaran biaya pengangkatan, surat kuasa dan pas foto terbaru berlatar belakang putih ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  • Nanti setelah permohonan Anda sudah diperiksa, maka Anda akan diambil sumpahnya oleh menteri atau kepala kantor wilayah. Adapun pengangkatan sumpah ini akan dituangkan dalam berita acara dan setelah berita acara diterima oleh menteri baru akan dikeluarkan sebuah SK. Kemudian barulah Anda diizinkan untuk memiliki layanan jasa penerjemah tersumpah.

Itu hal-hal yang perlu diketahui, jika Anda ingin menjadi penerjemah tersumpah. Bagi yang membutuhkan jasa penerjemah tersumpah, Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari Kantor Penerjemah Tersumpah. Jasa ini memiliki tim profesional yang sudah tergabung bersama CV Solusindo Karya Nusa.

Di mana jasa ini menawarkan beberapa layanan jasa seperti penerjemahan lisan, jasa penerjemah dokumen dan jasa legalisasi dokumen. Untuk sistem kerjanya juga flexible dimana Anda bisa menghubungi jasa ini baik lewat telepon, WhatsApp maupun email resmi. Kemudian ada tinggal mengirim dokumen berupa scan dokumen lalu melakukan pembayaran DP dan dokumen anda akan diproses selalu setelah selesai akan dikirim dalam bentuk hardcopy. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi kantorpenerjemahtersumpah.com.