Mengenal Arti Kata Rungkad Yang Sedang Viral Serta Bahasa Gaul Lain Versi Sunda

 

Apakah kamu pernah mendengar seseorang berkata rungkad artinya ? Sudah pasti kamu tidak asing lagi dengan kata kata rungkad dan tentunya sering bertanya tanya tentang arti kata rungkad itu sendiri apa sih?

 

Ucapan / ungkapan kata rungkad bossku mungkin sering kamu lihat dan kamu temui di berbagai sosial media khusus nya seperti aplikasi sosmed yang sedang tren seperti TikTok dan Instagram. 

 

Rungkad sendiri berasal dari bahasa daerah yaitu bahasa sunda. Kata ini seakan akan sudah jadi bahasa gaul yang sering di ucapkan oleh semua orang, tidak hanya oleh orang sunda itu sendiri tetapi seluruh indonesia sudah sangat tidak asing dengan kata kata tersebut.

 

Arti dari kata rungkat secara literal yaitu tumbang , roboh , runtuh atau hancur secara berkeping keping. 

 

Contoh seperti “Jalan hareupeun imah geus rungkad lantaran loba mobil badag anu liwat” yang artinya ialah “Jalan di depan rumah sedang rusak karena maraknya mobil besar yang sering berlalu lalang”

 

Apabila direalisasikan dalam konteks manusiawi maka arti dari rungkad tersebut bermakna bahwa orang tersebut sedang kondisi yang memprihatinkan / bisa dibilang tidak baik baik saja

 

Misalkan , Jika ada ucapan “Aku habis di putusin Nayla Si Wahyu langsung jadi Rungkad” yang berarti itu bahwa si wahyu sedang dalam perasaan yang kacau karena hubungannya yang kandas atau baru saja selesai dengan Nayla 

 

Dan tidak jarang kata kata ini juga hanya untuk menjadi sebuah candaa akan hal hal yang tidak serius seperti minuman yang baru saja beli namun jatuh saat hendak di minum dan mengatakan “Aduh rungkad ini”

 

Saat di lingkup bisnis kata kata ini juga sering bermunculan ketika kita atau ada rekan kerja kita mengalami kegagalan nah istilah rungkan ini juga bisa mewakili kondisi tersebut saat mengalami kerugian dalam berbisnis

 

Jadi jika kamu banyak mendengar kata ucapan “ Rungkad bossku, rungkad sayang” yang viral di medsos, maka kamu sudah pasti tau arti dan makna dari kata tersebut

 

Kata Kata Bahasa Gaul Sunda Lainnya 

 

Inilah beberapa macam contoh bahasa gaul sunda yang lain , selain kata rungkat yang sering di gunakan orang banyak yaitu sebagai berikut :

 

Naon : Apa

 

Indit : Pergi

 

Embung : Tidak mau

 

Iraha : Kapan 

 

Cenah : Katanya 

 

Kabogoh : Pacar

 

Tuluy : Terus 

 

Teuing : Tidak Tau

 

Bogoh : Suka 

 

Riweh : Ribet

 

Puguh : Jelas

 

Kunaon : Mengapa / Kenapa

 

 

Itu tadi penjelasan dari saya mengenai arti kata rungkad dari website Tell co id dan beberapa kata kata bahasa gaul sunda yang lain . Semoga artikel yang saya buat dapat kalian pahami dengan baik .Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.