CARA AGAR TUBUH TETAP FIT SEPANJANG HARI

9 Cara Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari

Menjalani kegiatan setiap hari bisa sangat melelahkan, bukan hanya fisik saja namun juga secara mental. Untuk memenuhi padatnya aktivitasmu sehari-hari, kondisi tubuh haruslah tetap fit. Nah, salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan konsumsi makanan sehat, namun ada juga beberapa cara lainnya supaya kamu tidak mudah lelah dan tetap energik ketika sedang berkegiatan. Lantas, apa saja cara mengatasi cepat lelah dan agar tubuh tetap fit sepanjang hari? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Cara Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari:

  1. Berpikiran positif: Cara agar tubuh tetap fit sepanjang hari yang pertama adalah kegiatan sehari-hari seperti makan hingga berolahraga membutuhkan daya fokus dan mindset yang baik. Misalnya, kamu tetap bisa mengambil pelajaran dari masa lalu dan menikmati apa yang ada saat ini dengan pikiran yang sepenuhnya positif dan terbuka terhadap masa depan yang akan datang (1).

  2. Kelola stress untuk mendapatkan meningkatkan energi: Salah satu cara agar tubuh tetap fit sepanjang hari adalah kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Contohnya, bermain dengan dengan hewan peliharaan. Ketika kamu bermain dengan hewan peliharaan, tubuh akan melepaskan oksitosin, hormon yang memperbaiki mood (2). Selain itu, luangkan waktu untuk melakukan hobi walau sebentar saja, dan jika ada kendala jangan ragu untuk curhat atau sharing dengan teman, keluarga, dokter atau psikolog (3).

  3. Hindari perut kosong sebelum beraktivitas: Pernah merasa kalut, kurang fokus, pelupa, atau apa pun yang membuat pikiranmu tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Bisa jadi saat itu kamu sedang kekurangan vitamin atau kekurangan mineral, seperti yodium (1). Makan makanan yang teratur dan seimbang akan membantumu merasa lebih baik secara umum, baik fisik maupun mental (3). Jadi, pastikan kamu sudah mengisi perut dengan menu yang bervariasi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan sebagai cara mengatasi mudah lelah (1).

  4. Perhatikan jumlah kalori yang dimakan: Bukan hanya memastikan perut sudah terisi saja, namun kamu juga perlu memperhatikan jumlah kandungan gula, garam, dan lemak dalam sajian menu makanan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan batasan konsumsi gula, garam, dan lemak bagi tiap orang per hari, antara lain (4):

    • Gula tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan).

    • Garam tidak melebihi 2.000 miligram natrium/sodium atau 5 gram (1 sendok teh).

    • Lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak).

  5. Konsumsi suplemen vitamin C, D dan B6:
    Tahukah kamu, jika vitamin C, D dan B6 dapat berkontribusi dalam menjaga imun tubuh dan kesehatan secara umum [5,6,7]? Kamu bisa mencoba rutin mengonsumsi vitamin C setiap hari sebagai cara agar tubuh tetap fit sepanjang hari, karena ia juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka dan membantu menjaga daya ingat (5). Nah, agar kamu tetap bisa gerak aktif, kesehatan tulang juga perlu dijaga dengan vitamin D (6) dan vitamin B6 untuk menjaga keseimbangan otak dan saraf (7) serta dapat mengurangi stress (2)

  6. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh: Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa membuat kamu merasa lelah dan tidak bersemangat. Tubuh kita selalu membutuhkan air agar bisa bekerja secara optimal setiap harinya. Pasalnya, air membantu darah untuk mensuplai nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Jika kamu sampai dehidrasi, maka kondisi ini dapat mempengaruhi kinerja otak dan menurunkan fungsinya. Jadi, pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih/hari sebagai cara agar badan fit dan tidak mudah lelah (1).

  7. Cari udara segar: Mau tahu cara agar badan fit dan tidak mudah lelah? Cobalah berjalan keluar sambil mencari udara segar bersama dengan KOKITOTO. Tidak perlu cepat-cepat apalagi membutuhkan waktu yang lama, cukup habiskan waktu 10 menit saat istirahat makan siang pun bisa kamu lakukan. Dengan rehat sejenak dan berjalan kaki dapat membantu relaksasi bagi tubuh, pikiran, dan jiwa (1). Penelitian juga membuktikan bahwa dengan meluangkan waktu 10 menit di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental (2).

  8. Lakukan yoga & meditasi: Cara agar tubuh tetap fit sepanjang hari lainnya adalah yoga dan meditasi. Melakukan yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan menstabilkan detak jantung (2). Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa yoga membantu mengurangi stress, kecemasan dan depresi. Sementara meditasi juga dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga menurunkan  tekanan darah dan memperbaiki suasana hati (1).

  9. Rutin cek kesehatan tulang: Kamu bisa mulai cek kesehatan tulangmu dengan menggunakan aplikasi yang dirancang para ahli. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, fungsi organ juga akan menurun dan membuat rentan terkena berbagai penyakit kronis, terutama menurunnya kepadatan tulang. Kepadatan tulang merupakan faktor penting untuk menentukan kesehatan seseorang secara menyeluruh, karena jika kepadatan tulang berkurang, tulang akan mudah patah bahkan ketika kamu hanya melakukan kegiatan sederhana (8).

    Saat tubuh kurang fit, mungkin penyebabnya adalah stress, kurang tidur, atau asupan nutrisi tidak seimbang. Jika kesehatan tubuh menurun, kamu otomatis akan mudah terserang penyakit. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D, C dan B6 untuk menunjang kesehatan tulangmu ketika beraktivitas.

Nah, itulah cara menjaga agar tubuh tetap fit sepanjang hari. Selain itu kokitoto juga menyarankan anda semua tetap menjaga kesahatan keluarga, untuk menjaga stamina tubuh, jangan lupa untuk rajin mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D, C dan B6 yang dapat meningkatkan membuat kondisi tubuh tetap fit sehingga menjadi lebih bersemangat sepanjang hari.